KHAIDIR MUHAJ BLOG'SITE
Tempat Asuhan Keperawatan dan Materi Kuliah Keperawatan

PERUT BUNCIT MENIMBUN MASALAH

Khaidirmuhaj.blogspot.com - Punya isteri satu dan dua orang anak membuat perutku makin hari makin membuncit dan karena malasnya berolah raga diluar rumah hanya mengahabiskan bersama sikecil dan duduk manis di muka komputer bututku jadinya begini dah... Lemak di perut lebih bahaya dibanding dengan lemak tempat lain di tubuh. Selain mengganggu penampilan, lemak di perut yang bikin perut buncit ternyata menimbun banyak masalah.

Perut buncit adalah istilah untuk menggambarkan lemak berlebih yang terdapat di perut. Perut yang membuncit tidak memberi manfaat apa-apa pada kesehatan tubuh.

Sebagian besar perut buncit merupakan dampak dari berat badan yang berlebih, tapi ada juga penyebab lain, yaitu otot perut yang lemah, postur tubuh yang buruk, terlalu banyak minum alkohol, stres dan kelebihan hormon.

Perut buncit juga bisa menunjukkan adanya masalah gastrointestinal (pencernaan), seperti sembelit, sindrom iritasi usus, penyakit radang usus dan gastroparesis, yaitu jenis kerusakan saraf yang mempengaruhi perut.

Jika lemak sudah menumpuk di perut tubuh tidak lagi menyebarkan kelebihan lemak ke seluruh bagian tubuh. Lemak yang suka 'berkumpul' di perut adalah lemak visceral atau intra-abdomen, yaitu lemak yang berhubungan dengan kolesterol tinggi, insulin tinggi, trigliserida tinggi, tekanan darah tinggi dan masalah lainnya.


Jenis lemak ini adalah lemak paling berbahaya dan dapat meningkatkan risiko seseorang terkena diabetes, penyakit jantung, stroke, demensia (pikun) dan beberapa jenis kanker.

Risiko perut buncit akan muncul jika lemak yang bersembunyi di balik pinggang ukurannya lebih dari 40 inchi atau 101,6 cm pada pria dan lebih dari 35 inchi atau 88,9 cm pada wanita.

"Jika ukuran pinggang lebar, maka Anda seperti berada di ujung tebing yang kapan saja bisa jatuh," ujar George Blackburn, associate director divisi nutrisi di Harvard Medical School, seperti dilansir dari USAToday, Kamis (29/7/2010).

Dilansir dari Ehow, cara terbaik untuk menghilangkan perut buncit adalah:
  1. Perbanyak olahraga yang berfokus pada pembakaran lemak di perut seperti sit up, lari, bersepeda, senam, aerobik.
  2. Perbanyak sayur dan buah
  3. Mengurangi makan daging merah dan junk food
  4. Menghilangkan pemanis buatan dan makanan yang menyebabkan gas, seperti brokoli dan kubis.
  5. Hindari alkohol dan atasi stres dengan baik
  6. Cukup istirahat
Sumber: HealthDetik
1 komentar:

Informasi yg bagus, Kunjungi dan beri kometar pada blog kami ya

http://www.seputarkesehataninstitute.com


[Make Your Own] by Khaidir Muhaj | [Close]

Selamat Datang !!

selamat berkunjung di blog saya yang sederhana ini, semoga yang teman cari ada disini, silahkan copy paste artikel dalam blog ini, dgn menyertakan atau tdk menyertakan sumbernya, dan jangan lupa sebagai tanda persahabatan & terimakasih isilah buku tamu.

My Family

My Family
Alumni SPK Kesdam VI/TPR Banjarmasin. Alumnus Politeknik kesehatan Banjarmasin program khusus PKM Rantau. Seorang PNS PemKab. Tapin, Unit Kerja Puskesmas Lokpaikat - Rantau - Kalsel .

Yang Sedang Berkunjung

Anda Pengunjung Yang Ke

TERIMA KASIH

Telah berkunjung, mohon maaf jika terdapat kekurangan dan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan dan tidak dapat memenuhi permintaan & pertanyaan teman teman, karena saya juga dalam proses pembelajaran dan terus akan belajar. dan seandainya artikel ini bermanfaat itu semata-mata hanya karena Allah SWT guna tercapainya keperawatan yang profesional. serta jangan lupa isi buku tamu, semoga sukses!

Pengikut


Arsip