KHAIDIR MUHAJ BLOG'SITE
Tempat Asuhan Keperawatan dan Materi Kuliah Keperawatan

Memahami Arti Mimpi

Khaidirmuhaj.blogspot.com — Mimpi sering kali menemani tidur kita. Dia datang tanpa diundang dan sering kali pergi tanpa berbekas. Namun, mengapa manusia kerap bermimpi? Apakah arti mimpi sesungguhnya?

Sigmund Freud sejak lama melihat pentingnya mimpi, yakni sebagai jalan untuk masuk ke alam bawah sadar kita. Dari mimpi-mimpi itulah berbagai keinginan, ketakutan, hingga perasaan yang tak mau diakui bisa dianalisis.

Sementara itu, teori lain menyebutkan bahwa mimpi adalah bunga tidur alias bagian dari siklus tidur. Mimpi sering kali terjadi pada fase tidur rapid eye movement (REM). Pada fase tidur ini, beberapa fungsi otak akan beristirahat, sementara area lain tetap aktif. Para ahli pendukung teori ini menyatakan, mimpi berfungsi mengisi kembali senyawa kimia otak, seperti neurotransmitter.

Deirdre Barret, psikolog dari Harvard University, baru-baru ini menyampaikan teorinya tentang makna mimpi dalam kehidupan manusia. Menurutnya, tujuan utama dari mimpi adalah pencarian solusi atas masalah-masalah yang mengganggu saat manusia terjaga.

"Mimpi memiliki tingkat visual yang tinggi, bahkan logis sehingga bisa dikategorikan sebagai sebuah pemikiran yang 'out of the box' yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah," urainya dalam diskusi di ajang Association for Psychological Science.

Menurutnya, mimpi adalah sebuah bentuk kegiatan berpikir, tetapi berbeda dengan saat mata kita terbuka. "Apa pun situasinya, baik itu saat sadar maupun tidur, kita masih bekerja dalam masalah yang sama. Mimpi membantu otak kita menemukan solusi," katanya.

Ia juga mengaitkan mimpi dengan teori evolusi. Menurutnya, segala hal yang bertahan begitu lama dalam sejarah evolusi, seperti tidur REM, pasti memiliki fungsi penting. Fase tidur REM sendiri telah ada sejak jutaan tahun lalu, yakni sejak evolusi mamalia 220 juta tahun silam.

"Mimpi dan tidur REM merupakan waktu tambahan untuk berpikir sehingga manusia bisa memecahkan masalahnya," katanya.

Sumber: Kompas.com
5 komentar:

semoga mimpi yang indah yaaa...


bagus nih infonya, thanks gan.
kalo ada waktu silakan mampir di http://pexone.wordpress.com


klo dejavu itu gmn ya? mpi duluan pa kenyataan duluan? sy sring kejadian kyak gitu, mpir ya keblogku, jangan sungkan-sungkan untuk komen


@harto: mimpi kali yee..
@pexone: sama2 gan
@bayuOK :yg saya tau deja vu kan maksudnya seseorang mengalami suatu pengalaman yang dirasakan olehnya pernah dialami sebelumnya, jadi Yang jelas hampir 70% manusia pernah mengalami deja vu walau tanpa mereka sadari, oke gan ntar ke tkp


mksih ya ats informasinya. trus gmn cr mengartikan mimpi itu.


[Make Your Own] by Khaidir Muhaj | [Close]

Selamat Datang !!

selamat berkunjung di blog saya yang sederhana ini, semoga yang teman cari ada disini, silahkan copy paste artikel dalam blog ini, dgn menyertakan atau tdk menyertakan sumbernya, dan jangan lupa sebagai tanda persahabatan & terimakasih isilah buku tamu.

My Family

My Family
Alumni SPK Kesdam VI/TPR Banjarmasin. Alumnus Politeknik kesehatan Banjarmasin program khusus PKM Rantau. Seorang PNS PemKab. Tapin, Unit Kerja Puskesmas Lokpaikat - Rantau - Kalsel .

Yang Sedang Berkunjung

Anda Pengunjung Yang Ke

TERIMA KASIH

Telah berkunjung, mohon maaf jika terdapat kekurangan dan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan dan tidak dapat memenuhi permintaan & pertanyaan teman teman, karena saya juga dalam proses pembelajaran dan terus akan belajar. dan seandainya artikel ini bermanfaat itu semata-mata hanya karena Allah SWT guna tercapainya keperawatan yang profesional. serta jangan lupa isi buku tamu, semoga sukses!

Pengikut


Arsip