KHAIDIR MUHAJ BLOG'SITE
Tempat Asuhan Keperawatan dan Materi Kuliah Keperawatan

CARA AGAR ANAK MAU MANDI

Khaidirmuhaj.blogspot.com - Biasanya anak akan sulit sekali disuruh mandi pada pagi hari dengan alasan udaranya masih dingin. Saat sore hari pun anak kadang malas mandi karena masih asyik bermain dengan teman-temannya.

Ada banyak alasan yang dikemukakan si kecil agar terhindar dari kewajiban mandi. Bagaimana menyuruh agar anak mau mandi?

Kondisi ini kadang membuat orangtua marah, sehingga memaksa anak untuk mandi misalnya dengan mengambil mainan yang digunakannya. Hal tersebut bukanlah solusi yang tepat, karena anak akan semakin tidak mau untuk mandi.

Namun bukan berarti orangtua boleh membiarkannya untuk tidak mandi, karena anak juga harus diajarkan mengenai kebersihan diri sejak kecil.

Seperti dikutip dari Keepkidshealth, Jumat (2/7/2010) salah satu cara menyuruh anak agar mau mandi adalah menggunakan mainan atau mencoba hal-hal baru seperti bermain gelembung, mainan atau bermain dan menyanyikan musik kesukaannya.

Selain itu ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar anak mau mandi tanpa harus berteriak-teriak terlebih dahulu, yaitu:


  1. Bujuklah anak agar mau mandi dengan menggunakan sesuatu yang disukainya, bisa dengan mainan atau lagu.
  2. Jangan merampas mainan anak atau menggendong anak secara paksa ke kamar mandi, hal ini akan membuat anak semakin takut dan tidak mau untuk mandi.
  3. Buatlah suasana mandi menjadi hal yang menyenangkan bagi anak, misalnya biarkan anak membantu membilas sabun atau sampo dari tubuhnya.
  4. Jangan memarahi anak jika ia ingin membawa mainannya saat mandi, karena mainan bisa memberinya pengetahuan serta membuat anak merasa nyaman saat mandi.
  5. Mengatur kegiatan khusus seperti menonton video kesukaannya atau membaca buku cerita setelah mandi, sehingga anak memiliki sesuatu yang diharapkan setelah ia mau mandi.
  6. Jangan lupa untuk selalu mengawasi saat si kecil sedang mandi, karena biasanya lantai kamar mandi licin sehingga anak berisiko terjatuh.

Sebaiknya sejak anak berusia 4-5 tahun, orangtua sudah mengajarkan anak untuk mandi sendiri. Secara bertahap orangtua bisa mulai mengajarkan bagaimana cara menggunakan sabun dan sampo yang benar, terutama di daerah-daerah tertentu yang bisa menjadi sarang bakteri.

Memberi pengertian pada si kecil secara perlahan-lahan. Katakan jika tidak mau mandi maka kotoran di tubuhnya akan menumpuk dan bisa menjadi sumber penyakit serta membuat ia dijauhi oleh teman-temannya.

Sumber: DetikHealth
0 komentar:
[Make Your Own] by Khaidir Muhaj | [Close]

Selamat Datang !!

selamat berkunjung di blog saya yang sederhana ini, semoga yang teman cari ada disini, silahkan copy paste artikel dalam blog ini, dgn menyertakan atau tdk menyertakan sumbernya, dan jangan lupa sebagai tanda persahabatan & terimakasih isilah buku tamu.

My Family

My Family
Alumni SPK Kesdam VI/TPR Banjarmasin. Alumnus Politeknik kesehatan Banjarmasin program khusus PKM Rantau. Seorang PNS PemKab. Tapin, Unit Kerja Puskesmas Lokpaikat - Rantau - Kalsel .

Yang Sedang Berkunjung

Anda Pengunjung Yang Ke

TERIMA KASIH

Telah berkunjung, mohon maaf jika terdapat kekurangan dan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan dan tidak dapat memenuhi permintaan & pertanyaan teman teman, karena saya juga dalam proses pembelajaran dan terus akan belajar. dan seandainya artikel ini bermanfaat itu semata-mata hanya karena Allah SWT guna tercapainya keperawatan yang profesional. serta jangan lupa isi buku tamu, semoga sukses!

Pengikut


Arsip