KHAIDIR MUHAJ BLOG'SITE
Tempat Asuhan Keperawatan dan Materi Kuliah Keperawatan

Mengapa Wanita Lebih Sensitif pada Stres

Khaidirmuhaj.blogspot.com — Disadari atau tidak, bila menghadapi tekanan dan depresi, seorang wanita lebih sensitif dibanding para pria. Penelitian terbaru menunjukkan ada alasan biologi di balik semua itu.

Studi terbaru yang dilakukan pada mencit menunjukkan, wanita lebih sensitif pada level hormon stres yang rendah dan mampu beradaptasi dibanding pria. Karena mencit memiliki sistem saraf yang sama dengan manusia, studi pada mencit ini memiliki implikasi pada manusia, meski stres pada manusia lebih kompleks.

Perempuan memang lebih rentan terkena depresi, gangguan stres pascatrauma, dan gangguan kecemasan. Tidak tanggung-tanggung, kejadiannya dua kali lebih banyak dibanding pria. Namun, selama ini belum diketahui mekanisme biologi yang menjadi penyebabnya.

Dalam risetnya, Rita Valentino, ilmuwan dari Childrens Hospital of Philadelphia, memfokuskan pada pelepasan hormon corticotropin (CRF), yang dilepaskan otak untuk merespons stres, baik pada manusia maupun mencit.

CRF merupakan neurotransmiter, yang membantu komunikasi sinyal antarsel saraf. Beberapa sel saraf mengirimkan sinyal CRF dan beberapa mengandung reseptor untuk menerimanya.

Pada mencit betina, saraf yang memiliki reseptor CRF mengikat lebih kuat pada hormon dan tentu lebih responsif dibanding pada mencit jantan.

Selain itu, setelah mendapatkan stres, mencit jantan memiliki respons adaptif, yang disebut internalisasi, di bagian otak. Sel tersebut akan mengurangi jumlah reseptor CRF sehingga kurang responsif pada hormon stres. Pada mencit betina, mekanisme adaptasi seperti itu tidak tampak.

"Ini memang studi pada hewan dan tidak bisa dipastikan mekanisme biologinya sama dengan manusia," kata Valentino. Akan tetapi, dengan diketahuinya mekanisme CRF dalam stres yang terkait gangguan psikiatri, hal ini mungkin relevan untuk mengetahui biologi manusia, tambahnya

Sumber: Kompas.com
0 komentar:
[Make Your Own] by Khaidir Muhaj | [Close]

Selamat Datang !!

selamat berkunjung di blog saya yang sederhana ini, semoga yang teman cari ada disini, silahkan copy paste artikel dalam blog ini, dgn menyertakan atau tdk menyertakan sumbernya, dan jangan lupa sebagai tanda persahabatan & terimakasih isilah buku tamu.

My Family

My Family
Alumni SPK Kesdam VI/TPR Banjarmasin. Alumnus Politeknik kesehatan Banjarmasin program khusus PKM Rantau. Seorang PNS PemKab. Tapin, Unit Kerja Puskesmas Lokpaikat - Rantau - Kalsel .

Yang Sedang Berkunjung

Anda Pengunjung Yang Ke

TERIMA KASIH

Telah berkunjung, mohon maaf jika terdapat kekurangan dan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan dan tidak dapat memenuhi permintaan & pertanyaan teman teman, karena saya juga dalam proses pembelajaran dan terus akan belajar. dan seandainya artikel ini bermanfaat itu semata-mata hanya karena Allah SWT guna tercapainya keperawatan yang profesional. serta jangan lupa isi buku tamu, semoga sukses!

Pengikut


Arsip