KHAIDIR MUHAJ BLOG'SITE
Tempat Asuhan Keperawatan dan Materi Kuliah Keperawatan

Antibodi Alami Mampu Menetralkan Virus HIV


Khaidirmuhaj.blogspot.com - Harapan akan ditemukannya vaksin HIV mulai mendapat titik terang. Baru-baru ini peneliti menemukan 2 jenis antibodi alami dalam tubuh manusia yang mampu menetralkan 90 persen jenis virus HIV.

Dikutip dari Reuters, Jumat (9/7/2010), kedua jenis antibodi yang dinamakan VRC01 dan VRC02 itu ditemukan dalam darah pengidap HIV positif. Pada kelompok pasien yang dinamakan non-progressor tersebut, infeksi HIV tidak menyebabkan penyakit karena adanya sistem imun tertentu.

Peneliti mengungkap, 2 jenis antibodi yang ditemukan merupakan faktor yang memicu terbentuknya sistem imun pada non-progressor. Melalui sebuah perangkat molekuler, peneliti berhasil mempelajari sistem imun yang dinamakan 'sel-B' tersebut.

Dengan mempelajarinya, peneliti berharap bisa mengembangkan vaksin untuk mengatasi infeksi HIV. Kemungkinan lain yang bisa dikembangkan adalah membuat obat untuk memicu produksi antibodi semacam itu pada pasien yang terinfeksi atau mendonorkannya melalui transfusi.

"Kali ini saya sangat optimistis soal vaksin HIV, dan mungkin lebih yakin dibandingkan 10 tahun terakhir," ungkap Dr Gary Nabel dari National Institute of Allergy and Infectious Diseases (NIAID) yang memimpin penelitian tersebut.

HIV merupakan penyebab AIDS yang telah menginfeksi 33 juta jiwa di seluruh dunia. Menurut data UNAIDS, 25 juta jiwa telah meninggal karenanya sejak pandemi AIDS dimulai pada tahun 1980.

Hingga saat ini, vaksin HIV belum ditemukan meski beberapa obat bisa membantu mengendalikannya. Akhir tahun 2009, para ahli sempat menguji vaksin yang diklaim mampu mengurangi laju infeksi HIV hingga 30 persen pada sejumlah relawan di Thailand, namun metode pengujiannya masih kontroversial.

Mengembangkan vaksin untuk virus HIV bukan perkara mudah. Selain langsung menyerang sistem imun, virus ini juga selalu mengalami mutasi sehingga mirip target yang selalu bergerak.(up/ir)

Sumber: DetikHealth
3 komentar:

Keren banget postingannya..!! Tapi kalau kata aku sih,, menemukan vaksin HIV sama aja mengamankan perzinahan,, ntar yang zinah2 atau freesex jadi gak takut lagi,, "wong udah ada vaksinnya?" mungkin gitu ngomongnya,, tapi sumpah keren blognya :D

main, komen, follow, tukeran banner, tukeran link, apa aja boleh, komen ama baca apalagi hehe :D

http://morethangrey.blogspot.com/2010/07/manfaat-dan-tips-berinternet-sehat-dan.html


makasih fren dipikir pikir ada benarnya juga tuh..he..he..he..


[Make Your Own] by Khaidir Muhaj | [Close]

Selamat Datang !!

selamat berkunjung di blog saya yang sederhana ini, semoga yang teman cari ada disini, silahkan copy paste artikel dalam blog ini, dgn menyertakan atau tdk menyertakan sumbernya, dan jangan lupa sebagai tanda persahabatan & terimakasih isilah buku tamu.

My Family

My Family
Alumni SPK Kesdam VI/TPR Banjarmasin. Alumnus Politeknik kesehatan Banjarmasin program khusus PKM Rantau. Seorang PNS PemKab. Tapin, Unit Kerja Puskesmas Lokpaikat - Rantau - Kalsel .

Yang Sedang Berkunjung

Anda Pengunjung Yang Ke

TERIMA KASIH

Telah berkunjung, mohon maaf jika terdapat kekurangan dan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan dan tidak dapat memenuhi permintaan & pertanyaan teman teman, karena saya juga dalam proses pembelajaran dan terus akan belajar. dan seandainya artikel ini bermanfaat itu semata-mata hanya karena Allah SWT guna tercapainya keperawatan yang profesional. serta jangan lupa isi buku tamu, semoga sukses!

Pengikut


Arsip