KHAIDIR MUHAJ BLOG'SITE
Tempat Asuhan Keperawatan dan Materi Kuliah Keperawatan

Gadis Remaja Rentan Tergoda Narkoba


Khaidirmuhaj.blogspot.com - Anak anda menunjukkan gelagat yang cukup aneh belakangan ini? Mungkin dia sedang terjerumus dalam dunia kelam narkoba atau alkohol. Bagaimana mengatasinya?
Tentu tak seorang pun yang rela buah hatinya terjerumus dalam hal-hal negatif dan tercela. Kenyataan seperti ini bagai mimpi buruk bagi orang tua manapun juga. Namun, mengabaikan dan menganggap bahwa hal itu takkan mungkin atau tidak benar-benar terjadi juga merupakan kesalahan fatal yang tak seharusnya dilakukan. Dari berbagai kasus narkoba, ternyata orang yang paling terakhir mengetahui seorang kecanduan narkoba adalah orang tua.

Ini membuktikan bahwa orang tua masih kurang memperhatikan anak sehingga tidak mengetahui apa yang dilakukan anak di luar rumah. Ketika mengetahui anak melakukan penyimpangan justru setelah anak melakukan dalam waktu yang cukup lama. Yang perlu diperhatikan bahwa telah terbukti fakta baru yang mencengangkan, gadis remaja Anda ternyata lebih mungkin terjerat narkoba dibanding anak laki-laki.


Penelitian terbaru oleh Partnership for a Drug-Free America menunjukkan, gadis remaja lebih mudah tergoda narkoba dan alkohol dibandingkan remaja laki-laki. Mengapa? Karena, para remaja perempuan cenderung melihat manfaat dari alkohol dan penggunaan narkoba.


Bahkan faktanya, hampir 70 persen dari remaja putri yang ikut dalam survei tersebut sepakat bahwa ”menggunakan obat-obatan terlarang membantu menangani anak-anak dengan masalah di rumah”, seperti ditunjukkan dalam hasil penelitian.
Angka ini naik 11 persen dari survei serupa yang dilakukan pada 2008.

Lebih dari separuh partisipan yang disurvei mengatakan bahwa obat-obatan juga dapat membantu mereka melupakan masalah mereka. Remaja laki-laki pada penelitian itu juga cenderung menyatakan bahwa obat-obatan membantu mereka santai dalam menghadapi situasi sosial serta mendapatkan kesenangan dengan mengonsumsi obat-obatan, ketika dibandingkan dengan data dari survei yang sama tahun lalu.

Survei baru itu juga menunjukkan kenaikan 11 persen konsumsi alkohol pada gadis-gadis remaja. Peningkatan ini tentu lebih tinggi dari apa yang terlihat di remaja laki-laki (kenaikan hanya 2 persen). Terlebih lagi, penggunaan ganja oleh gadis-gadis remaja dalam satu tahun terakhir adalah 29 persen lebih tinggi daripada selama survei 2008. Sementara, remaja laki-laki yang mengonsumsi mariyuana meningkat 15 persen pada 2009 ini.


”Orang tua perlu memahami bahwa gadis remaja saat ini lebih besar kemungkinannya untuk melakukan penyalahgunaan narkoba dan alkohol dibanding remaja laki-laki karena mereka membutuhkan bantuan lebih terhadap pengelolaan stres dan menangani masalah,” kata Tom Hedrick, pendiri Partnership for a Drug-Free America, seperti dikutip
WebMD.com.

Partnership for a Drug-Free America adalah sebuah kelompok nirlaba yang berbasis di New York City, Amerika Serikat, yang bertujuan memahami, mencegah, dan mengobati penyalahgunaan alkohol dan narkoba di kalangan anak-anak dan remaja.


”Gadis remaja menjadi pelaku penyalahgunaan alkohol dan obat-obatan bukan karena bujukan remaja laki-laki, tetapi mereka sendiri yang mencari. Dan sayangnya, orang tua masih berpikir bahwa remaja laki-lakilah yang lebih mungkin untuk terjerumus dalam narkoba dan alkohol. Mereka (orang tua) kecil kemungkinannya untuk menyesuaikan diri dengan tanda-tanda gadis remajanya,” tandas Hedrick Hedrick menuturkan, tanda-tanda yang bisa menjadi peringatan orang tua bahwa remajanya terlibat penyalahgunaan obatobatan terlarang atau alkohol, di antaranya merosotnya nilai di sekolah, perubahan pola tidur, penarikan diri dari keluarga dan teman-teman, serta kurangnya antusiasme menghadapi kehidupan
Sumber: Okezone.com
0 komentar:
[Make Your Own] by Khaidir Muhaj | [Close]

Selamat Datang !!

selamat berkunjung di blog saya yang sederhana ini, semoga yang teman cari ada disini, silahkan copy paste artikel dalam blog ini, dgn menyertakan atau tdk menyertakan sumbernya, dan jangan lupa sebagai tanda persahabatan & terimakasih isilah buku tamu.

My Family

My Family
Alumni SPK Kesdam VI/TPR Banjarmasin. Alumnus Politeknik kesehatan Banjarmasin program khusus PKM Rantau. Seorang PNS PemKab. Tapin, Unit Kerja Puskesmas Lokpaikat - Rantau - Kalsel .

Yang Sedang Berkunjung

Anda Pengunjung Yang Ke

TERIMA KASIH

Telah berkunjung, mohon maaf jika terdapat kekurangan dan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan dan tidak dapat memenuhi permintaan & pertanyaan teman teman, karena saya juga dalam proses pembelajaran dan terus akan belajar. dan seandainya artikel ini bermanfaat itu semata-mata hanya karena Allah SWT guna tercapainya keperawatan yang profesional. serta jangan lupa isi buku tamu, semoga sukses!

Pengikut


Arsip