KHAIDIR MUHAJ BLOG'SITE
Tempat Asuhan Keperawatan dan Materi Kuliah Keperawatan

Kapan Telinga Bayi Boleh Ditindik?

Khaidirmuhaj.blogspot.com - Menindik telinga bayi perempuan banyak dilakukan orangtua. Boleh-boleh saja melakukan tindik telinga bayi jika memang si kecil tidak punya masalah medis yang bisa menjadi faktor risiko. Kapan sebaiknya telinga bayi perempuan ditindik?

Melakukan tindik telinga dibutuhkan peralatan yang tepat dan orang yang sudah terlatih menindik telinga bayi. Karena jika peralatan tidak steril bisa menimbulkan risiko infeksi, sedangkan jika yang melakukan belum terlatih berisiko mengeluarkan darah yang terlau banyak.

Seperti dikutip dari Babycenter, Jumat (9/7/2010) sebaiknya untuk menindik telinga si kecil dilakukan oleh dokter anak yang memang sudah berpengalaman. Selama bayi tidak memiliki risiko kesehatan apapun, maka tindik telinga boleh dilakukan saat bayi masih kecil.

Orangtua berpandangan menindik telinga bayi perempuan sedini mungkin agar si anak tidak terlalu merasakan sakit. Tindik telinga adalah prosedur yang sederhana tapi tetap memberikan ketidaknyamanan pada bayi.

Orangtua memiliki pilihan untuk melakukan tindik telinga saat masih bayi karena akan berbeda halnya jika dilakukan saat anak sudah besar.

Namun sebaiknya orangtua menunggu hingga si kecil berusia minimal 3 bulan, karena pada usia tersebut bayi sudah mulai bisa menangani infeksi yang timbul di tubuhnya.

Tindik telinga biasanya dilakukan tanpa menggunakan obat penghilang rasa sakit, karena rasa sakit tindikan kurang sakit dibandingkan dengan suntik anestesi. Satu hal yang penting lainnya adalah usahakan orangtua untuk mencegah anaknya menyentuh telinga yang baru ditindik, karena bisa memicu terjadinya infeksi.

Jika bayi ditindik saat masih kecil, maka lebih memudahkan untuk menjaga anak agar tidak memegang-megang telinganya. Orangtua juga harus memperhatikan apakah timbul kemerahan yang meningkat atau nyeri disekitar lubang tindikan telinga. Karena hal ini menunjukkan adanya infeksi.

Orangtua juga harus memperhatikan anting yang digunakan si kecil, karena beberapa anak ada yang memiliki reaksi alergi terhadap logam tertentu.

Untuk memastikannya cobalah gosokkan logam atau emas tersebut di daerah punggung, jika terjadi ruam ada kemungkinan anak mengalami reaksi alergi.

Sumber: DetikHealth
0 komentar:
[Make Your Own] by Khaidir Muhaj | [Close]

Selamat Datang !!

selamat berkunjung di blog saya yang sederhana ini, semoga yang teman cari ada disini, silahkan copy paste artikel dalam blog ini, dgn menyertakan atau tdk menyertakan sumbernya, dan jangan lupa sebagai tanda persahabatan & terimakasih isilah buku tamu.

My Family

My Family
Alumni SPK Kesdam VI/TPR Banjarmasin. Alumnus Politeknik kesehatan Banjarmasin program khusus PKM Rantau. Seorang PNS PemKab. Tapin, Unit Kerja Puskesmas Lokpaikat - Rantau - Kalsel .

Yang Sedang Berkunjung

Anda Pengunjung Yang Ke

TERIMA KASIH

Telah berkunjung, mohon maaf jika terdapat kekurangan dan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan dan tidak dapat memenuhi permintaan & pertanyaan teman teman, karena saya juga dalam proses pembelajaran dan terus akan belajar. dan seandainya artikel ini bermanfaat itu semata-mata hanya karena Allah SWT guna tercapainya keperawatan yang profesional. serta jangan lupa isi buku tamu, semoga sukses!

Pengikut


Arsip