KHAIDIR MUHAJ BLOG'SITE
Tempat Asuhan Keperawatan dan Materi Kuliah Keperawatan

IMUNISASI TERKENDALA MITOS


Khaidirmuhaj.blogspot.com - Pemberian vaksin merupakan upaya preventif terhadap penyakit infeksi yang dapat menyebabkan kecacatan dan kematian. Namun, cakupan imunisasi nasional saat ini masih rendah yakni mencapai 80 persen. Salah satu kendala dalam imunisasi adalah keengganan orangtua mengimunisasi anak karena percaya pada mitos-mitos yang menyesatkan.
"Di berbagai milis banyak beredar isu-isu tentang vaksin yang keliru" kata dr.Soedjatmiko. Sp.A, Sekretaris Satuan Tugas Imunisasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dalam acara media edukasi kesehatan anak yang diadakan Pfizer di Jakarta (30/6/2010).

Selain itu, program imunisasi saat ini tidak lagi dilakukan pemerintah pusat, namun diserahkan pada pemerintah daerah.

Soedjatmiko menjelaskan, vaksin yang dipakai di Indonesia merupakan buatan lokal yakni Bio Farma.

"Salah kalau ada yang bilang vaksin kita dari buangan negara maju, justru kita mengekspor vaksin ke lebih dari 120 negara," katanya.

Isu mengenai kandungan merkuri dalam vaksin yang menyebabkan autis juga dianggap salah. "Memang ada merkurinya sebagai adjuvant, tapi jumlahnya sangat sedikit, bahkan kebih banyak merkuri dalam ikan laut," urainya.

Pada beberapa kasus memang terjadi kejadian ikutan pasca imunisasi seperti kulit kemerahan dan bengkak atau demam. "Pada umumnya kejadian ikutan pasca-imunisasi ringan dan tidak berbahaya. Lagipula manfaat yang didapat dari imunisasi lebih besar dari efek sampingnya," paparnya. 

Namun untuk menghindari efek samping yang tak diinginkan, disarankan untuk memberitahu dokter bila imunisasi yang lalu mengalami demam tinggi atau kejang

Sumber: Kompas.com
1 komentar:

penting dan ngebantu bnaget nih tipsnya ;)


[Make Your Own] by Khaidir Muhaj | [Close]

Selamat Datang !!

selamat berkunjung di blog saya yang sederhana ini, semoga yang teman cari ada disini, silahkan copy paste artikel dalam blog ini, dgn menyertakan atau tdk menyertakan sumbernya, dan jangan lupa sebagai tanda persahabatan & terimakasih isilah buku tamu.

My Family

My Family
Alumni SPK Kesdam VI/TPR Banjarmasin. Alumnus Politeknik kesehatan Banjarmasin program khusus PKM Rantau. Seorang PNS PemKab. Tapin, Unit Kerja Puskesmas Lokpaikat - Rantau - Kalsel .

Yang Sedang Berkunjung

Anda Pengunjung Yang Ke

TERIMA KASIH

Telah berkunjung, mohon maaf jika terdapat kekurangan dan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan dan tidak dapat memenuhi permintaan & pertanyaan teman teman, karena saya juga dalam proses pembelajaran dan terus akan belajar. dan seandainya artikel ini bermanfaat itu semata-mata hanya karena Allah SWT guna tercapainya keperawatan yang profesional. serta jangan lupa isi buku tamu, semoga sukses!

Pengikut


Arsip