KHAIDIR MUHAJ BLOG'SITE
Tempat Asuhan Keperawatan dan Materi Kuliah Keperawatan

Ternyata Madu Berbahaya pada Bayi

Anak ke 2 saya Dhika Mahanur sudah berusia 6 bulan dan saya sangat hati hati dalam memberikan makanan pendamping yang sebentar lagi akan diberikan setelah ASI Eksklusif, dan saya dapat informasi dari .kompas.com  ternyata madu berbahaya pada bayi sedangkan dulunya untuk anak pertama saya Dhiva Siwa sebelum usia  1 tahun  sudah saya berikan madu semoga juga tidak terjadi pada keluarga pengunjung blog ini.moga bermanfaat!
Madu merupakan salah satu jenis "obat" alami yang sudah terbukti khasiatnya. Salah satu manfaat madu pada anak adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh si kecil. Akan tetapi, secara medis, pemberian madu tidak disarankan untuk bayi berusia kurang dari setahun.

Madu bisa mengandung spora bakteri Clostridium botulinum. Bakteri ini memproduksi zat beracun yang bisa menyebabkan penyakit botulisme pada bayi. Meski kasusnya jarang, penyakit tersebut bisa berakibat serius.

Peringatan akan bahaya madu untuk bayi itu kembali disampaikan para ahli dari The Food Standards Agency, Inggris, setelah terjadinya tiga kasus penyakit botulisme tahun lalu. Sebelumnya dalam kurun waktu 30 tahun hanya terdapat 11 laporan penyakit botulisme.

Pada bayi yang sistem pencernaannya belum sempurna, bakteri Clostridium botulinum bisa berkembang dan memproduksi racun mematikan penyebab botulisme.

Bayi yang menderita botulisme akan mengalami kelemahan otot dan masalah pernapasan. Karena itu, para ibu tidak disarankan memberikan madu, bahkan sebagai obat atau pemanis makanan.

"Bayi berusia kurang dari enam bulan sebaiknya hanya diberikan ASI. Meski madu berkhasiat menyembuhkan batuk, sebaiknya jangan berikan kepada bayi karena botulisme merupakan penyakit serius. Risikonya tidak sebanding dengan manfaatnya," kata Sam Montel, ahli nutrisi dari Food Standards Agency.

Bila bayi sudah diperkenalkan makanan padat, orangtua disarankan untuk menghindari pemanis pada makanan atau memberikan makanan dan minuman manis.

Sumber : kompas.com
4 komentar:

iya..lebih baik dihindari pemberiannya karena resiko tidak sebanding dgn manfaatnya.


terimakasih buat infonya

https://melyanao06.student.ipb.ac.id/


Kalau pemberian ASI eksklusif pada bayi dari usia 0-6 bulan saya sudah sering mendengar, tapi kalau tentang madu berbahaya bagi bayi saya malah baru mendengarnya. Terima kasih atas infonya.
Mungkin dari segi pemikiran logika juga masuk akal, sebab benar adanya bahwa daya tahan seorang bayi sangat rentan terhadap asupan makanan dari luar karena dia mesti memasuki tahap penyesuaian terlebih dahulu. Apalagi bayi usia di bawah satu tahun..


[Make Your Own] by Khaidir Muhaj | [Close]

Selamat Datang !!

selamat berkunjung di blog saya yang sederhana ini, semoga yang teman cari ada disini, silahkan copy paste artikel dalam blog ini, dgn menyertakan atau tdk menyertakan sumbernya, dan jangan lupa sebagai tanda persahabatan & terimakasih isilah buku tamu.

My Family

My Family
Alumni SPK Kesdam VI/TPR Banjarmasin. Alumnus Politeknik kesehatan Banjarmasin program khusus PKM Rantau. Seorang PNS PemKab. Tapin, Unit Kerja Puskesmas Lokpaikat - Rantau - Kalsel .

Yang Sedang Berkunjung

Anda Pengunjung Yang Ke

TERIMA KASIH

Telah berkunjung, mohon maaf jika terdapat kekurangan dan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan dan tidak dapat memenuhi permintaan & pertanyaan teman teman, karena saya juga dalam proses pembelajaran dan terus akan belajar. dan seandainya artikel ini bermanfaat itu semata-mata hanya karena Allah SWT guna tercapainya keperawatan yang profesional. serta jangan lupa isi buku tamu, semoga sukses!

Pengikut