KHAIDIR MUHAJ BLOG'SITE
Tempat Asuhan Keperawatan dan Materi Kuliah Keperawatan

Tips Tidur Nyenyak Saat Hamil

Khaidirmuhaj.blogspot.com - Antusius, semangat dan bisa jadi kecapaian menantikan saat-saat kelahiran sang buah hati mungkin membuat Ibu jadi sulit tidur.

Namun, hal itu janganlah dibiarkan. Saat hamil, para ibu kerap kebingungan menentukan posisi tidur agar tak memengaruhi janin. Padahal sebenarnya itu tak perlu karena tubuh perempuan  diciptakan begitu unik sehingga dapat memberikan perlindungan terhadap janin dalam kandungan. Untuk itu, Anda pun dapat menciptakan suasana lain agar tidur lebih nyaman bagi tubuh. Berikut beberapa tips yang Anda dapat aplikasikan agar tidur semasa kehamilan lebih nyenyak.(Yulia Permata Sari)

1. Ciptakan suasana nyaman
Sebelum tidur, ciptakanlah suasana yang nyaman. Tempat tidur yang empuk tentu akan membuat tubuh lebih relaks. Selain, itu jaga suhu kamar agar tetap sejuk karena suhu tubuh saat hamil cenderung lebih tinggi. Untuk itu, sediakanlah kipas angin atau pendingin udara yang membantu menyejukkan suhu kamar.

2. Tentukan posisi tidur
Menemukan posisi tidur yang nyaman merupakan masalah terbesar saat hamil. Anda tentu tak mungkin tidur dalam posisi tengkurap dan memasuki bulan keempat juga tak dimungkinkan untuk tidur terlentang. Tidur terlentang dapat mempersempit pembuluh darah utama dan menekan usus sehingga menyebabkan sembelit atau wasir. Untuk itu, Anda pun harus tidur menyamping. Gunakanlah bantal di antara kaki atau di bawah perut supaya tidur menyamping lebih nyaman. Merentangkan kaki juga dapat membuat tidur lebih nyaman.

3. Batasi konsumsi cairan sebelum tidur
Hal yang cukup mengganggu saat tidur pada masa hamil yakni harus kerap terbangun pada malam hari untuk buang air kecil. Itu tentu tak dapat dihindari, tapi bila Anda membatasi konsumsi cairan beberapa jam sebelum tidur, tentu akan megurangi intensitas ke kamar kecil. Tetapi, jangan sampai Anda mengalami dehidrasi. Untuk itu, pastikan untuk mengonsumsi banyak cairan keesokan harinya.

4. Atur cahaya kamar
Cahaya temaram membuat Anda tak harus menyalakan lampu saat terbangun untuk ke kamar kecil pada tengah malam. Cahaya temaram, juga menjaga kantuk sehingga Anda tak kesulitan tidur saat kembali ke tempat tidur.

5. Relaksasikan pikiran
Bila Anda sulit tidur karena selalu memikirkan kondisi bayi dan segala perubahan yang segera terjadi pada hidup Anda, cobalah berlatih beberapa teknik relaksasi tubuh

Sebelum tidur. Makanan ringan, mandi air hangat, atau sedikit gerakan yoga dapat membantu relaksasikan pikiran sehingga dapat tidur lebih tidur.

6. Jangan paksakan tidur
Jika merasa sulit tidur, bangun dan lakukan sesuatu selain membolak-balikkan badan di tempat tidur. Biarkan tubuh merasa letih dengan sendirinya hingga mengantuk. Semoga beberapa tips di atas berhasil membantu Anda tidur saat hamil!

Source: MediaIndonesia
2 komentar:

salam sukses gan, bagi2 motivasi .,
Pikiran yang positiv dan tindakan yang positiv akan membawamu pada hasil yang positiv.,.
ditunggu kunjungan baliknya gan .,.


salam sukses gan, bagi2 motivasi .,
Pikiran yang positiv dan tindakan yang positiv akan membawamu pada hasil yang positiv.,.
ditunggu kunjungan baliknya gan .,.


[Make Your Own] by Khaidir Muhaj | [Close]

Selamat Datang !!

selamat berkunjung di blog saya yang sederhana ini, semoga yang teman cari ada disini, silahkan copy paste artikel dalam blog ini, dgn menyertakan atau tdk menyertakan sumbernya, dan jangan lupa sebagai tanda persahabatan & terimakasih isilah buku tamu.

My Family

My Family
Alumni SPK Kesdam VI/TPR Banjarmasin. Alumnus Politeknik kesehatan Banjarmasin program khusus PKM Rantau. Seorang PNS PemKab. Tapin, Unit Kerja Puskesmas Lokpaikat - Rantau - Kalsel .

Yang Sedang Berkunjung

Anda Pengunjung Yang Ke

TERIMA KASIH

Telah berkunjung, mohon maaf jika terdapat kekurangan dan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan dan tidak dapat memenuhi permintaan & pertanyaan teman teman, karena saya juga dalam proses pembelajaran dan terus akan belajar. dan seandainya artikel ini bermanfaat itu semata-mata hanya karena Allah SWT guna tercapainya keperawatan yang profesional. serta jangan lupa isi buku tamu, semoga sukses!

Pengikut