KHAIDIR MUHAJ BLOG'SITE
Tempat Asuhan Keperawatan dan Materi Kuliah Keperawatan

Tips Hentikan Pipis Berlebih

Khaidirmuhaj.blogspot.com - Jika Anda penderita pipis berlebih, sebenarnya ada banyak pilihan serta cara untuk mengatasinya dengan mengubah beberapa hal dalam kebiasaan Anda sehari-hari.

Berikut beberapa tips yang dapat diaplikasikan untuk mengatasi hasrat ingin buang kecil berlebih:

1. Perhatikan jumlah cairan yang dikonsumsi
Anda tentunya tak mau mengalami dehidrasi, tapi terlalu banyak minum juga kurang baik. Minumlah sesuai dengan kapasitas tubuh. Air yang Anda minum sebaiknya sesuai dengan rasa haus Anda. Maka itu, minumlah apabila Anda memang merasa haus.

2. Catat jenis minuman yang dikonsumsi
Setidaknya selama dua hari, tulislah semua jenis minuman yang Anda konsumsi, seperti kopi, teh, soda, susu, atau air mineral, beserta kuantitasnya. Catat pula waktu Anda meminumnya dengan jarak waktu Anda pergi ke kamar kecil. Anda akan melihat adanya suatu pola. Contohnya, Anda akan menyadari bahwa meminum kopi untuk sarapan menyebabkan Anda harus lebih sering buang air kecil. Dengan catatan tersebut, Anda dan dokter dapat mengenali berbagai faktor yang berhubungan dengan penyebab pipis berlebih sehingga dapat mengupayakan perubahan kebiasaan untuk mencegah hal yang lebih buruk.

3. Hindari kafein dan alkohol
Kafein dan alkohol merupakan zat diuretik atau obat pendorong produksi air seni. Menghindari kafein dan alkohol dalam daftar menu Anda adalah salah satu cara terefektif mengatasi pipis berlebih.

4. Konsumsi makanan berserat
Ketika perut Anda sudah terasa penuh, kandung kemih Anda juga akan penuh dan dapat menyebabkan masalah pada sistem buang air kecil. Konsumsilah makanan berserat untuk melancarkan sistem pencernaan dan mencegah konstipasi.

5. Jagalah berat badan
Kelebihan berat badan dapat membuat kandung kemih tertekan dan menyebabkan serimg pipis.

6. Pakailah pembalut
Produk ini dapat membantu Anda terhindar dari kejadian yang memalukan, tapi pakailah pembalut yang benar-benar nyaman. Pilih yang dapat menyerap banyak cairan, tak membuat iritasi pada kulit, dan nyaman dipakai. Lebih baik mencegah sebelum kejadian memalukan terjadi bukan?

7. Bawa celana dalam tambahan
Bawalah pakaian dalam tambahan ke mana pun Anda pergi untuk berjaga-jaga agar celana dalam Anda tetap kering dan bersih.

8. Ketahui toilet terdekat
Dengan mengetahui lokasi toilet terdekat, Anda nantinya tak perlu tergesa-gesa mencari toilet saat hendak pipis. Bila Anda tengah berada di restoran ataupun biokop, pastikan Anda tahu jalan menuju terdekat.

9. Lakukan senam kegel
Senam kegel telah dikenal dapat mengencangkan otot-otot panggul sehingga membantu penderita inkontinensia mulai dari tahap rimgam hingga berat. Kuncinya adalah berlatih dengan teratur dan konsisten. Apabila Anda merasa ingin buang air kecil, tetap tenang dan lakukan kontraksi otot panggul. Jika Anda langsung berdiri dan berlari, justru Anda akan mengompol. Latihan otot panggul dapat membantu mengatasi pipis berlebih bahkan melebihi obat yang diresepkan doketr. Maka itu, jadikanlah senam kegel sebagai bagian dari rutinitas Anda.

10. Cari dukungan
Sebenarnya, pipis berlebih merupakan hal umum yang terjadi pada banyak orang maka Anda tak perlu malu. Bicarakanlah dengan dokter Anda tanpa sungkan, dokter pun pasti sudah sering mendengar kasus itu dan akan membrikan pengobatan terbaik bagi kesehatan Anda

Source: MediaIndonesia
2 komentar:

Wah mantab ini tipsnya.
Salam.


info yang bermanfaat, saya langsung praktekin yah


[Make Your Own] by Khaidir Muhaj | [Close]

Selamat Datang !!

selamat berkunjung di blog saya yang sederhana ini, semoga yang teman cari ada disini, silahkan copy paste artikel dalam blog ini, dgn menyertakan atau tdk menyertakan sumbernya, dan jangan lupa sebagai tanda persahabatan & terimakasih isilah buku tamu.

My Family

My Family
Alumni SPK Kesdam VI/TPR Banjarmasin. Alumnus Politeknik kesehatan Banjarmasin program khusus PKM Rantau. Seorang PNS PemKab. Tapin, Unit Kerja Puskesmas Lokpaikat - Rantau - Kalsel .

Yang Sedang Berkunjung

Anda Pengunjung Yang Ke

TERIMA KASIH

Telah berkunjung, mohon maaf jika terdapat kekurangan dan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan dan tidak dapat memenuhi permintaan & pertanyaan teman teman, karena saya juga dalam proses pembelajaran dan terus akan belajar. dan seandainya artikel ini bermanfaat itu semata-mata hanya karena Allah SWT guna tercapainya keperawatan yang profesional. serta jangan lupa isi buku tamu, semoga sukses!

Pengikut