KHAIDIR MUHAJ BLOG'SITE
Tempat Asuhan Keperawatan dan Materi Kuliah Keperawatan

ASUHAN KEPERAWATAN PARKINSON

1. DEFINISI
Parkinson adalah keadaan degeratif yang merupakan keadaan klinik yang ditandai dengan tremor ritmis yang berlangsung 4-6 kali per detik, hipokinetik (akinesia atau bradikenesia) dan regiditas otot-otot, disertai kehilangan refleks-refleks postural.
Aktivitas kegiatan tubuh diatur oleh susunan saraf yang ada di tubuh kita, apabila salah satu bagian tersebut mendapat gangguan, akan berpengaruh besar terhadap kegiatan aktivitas tubuh tersebut. Begitupun bila terjadi penurunan fungsi (Degeneratif) yang bersifat progresif.
Degeneratif (penurunan fungsi) umumnya terjadi pada orang tua meskipun tidak menutup kemungkinan terjadi pada usia muda. Hal ini terjadi karena proses alami pada susunan saraf tersebut, mengalami kemunduran/gangguan. Adapun yang sering terjadi pada usia tua adalah parkinson dan demensia.

2. ETIOLOGI
 Idiopatik
 Obat-obatan (reserfin, fenotiazin, haloperidol)
 Bahan toksik (Meningkat, Co)
 Infeksi
 Tumor
 Infark
 Generic

3. PATOFISIOLOGI
Neurotransmiter otak yang bertanggung jawab terhadap gerakan: dopamin, GABA – ganglia basal.
Terdapat disfungsi metabolik pada neurotransmiter dengan ditandai oleh ketidakseimbangan biokimia antara acetilkolin dan dopamin.
Terjadi penurunan dopamin disertai kenaikan kadar acetilkolin dan/atau GABA – dopamin tertekan – lintasan yang terganggu – kegiatan kolinergik berlebihan.
Parkinson dapat digolongkan ke dalam dua klasifikasi:
1. Parkonson idiopatik
2. Parkinsonisme symtomatik

Untuk Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD Disini
1 komentar:

infonya sangat menarik untuk pasien dan terapis


[Make Your Own] by Khaidir Muhaj | [Close]

Selamat Datang !!

selamat berkunjung di blog saya yang sederhana ini, semoga yang teman cari ada disini, silahkan copy paste artikel dalam blog ini, dgn menyertakan atau tdk menyertakan sumbernya, dan jangan lupa sebagai tanda persahabatan & terimakasih isilah buku tamu.

My Family

My Family
Alumni SPK Kesdam VI/TPR Banjarmasin. Alumnus Politeknik kesehatan Banjarmasin program khusus PKM Rantau. Seorang PNS PemKab. Tapin, Unit Kerja Puskesmas Lokpaikat - Rantau - Kalsel .

Yang Sedang Berkunjung

Anda Pengunjung Yang Ke

TERIMA KASIH

Telah berkunjung, mohon maaf jika terdapat kekurangan dan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan dan tidak dapat memenuhi permintaan & pertanyaan teman teman, karena saya juga dalam proses pembelajaran dan terus akan belajar. dan seandainya artikel ini bermanfaat itu semata-mata hanya karena Allah SWT guna tercapainya keperawatan yang profesional. serta jangan lupa isi buku tamu, semoga sukses!

Pengikut