KHAIDIR MUHAJ BLOG'SITE
Tempat Asuhan Keperawatan dan Materi Kuliah Keperawatan

ASUHAN KEPERAWATAN OSTEOSARCOMA

10:12
1. DEFINISI
Sarkoma osteogenik atau osteosarkoma adalah merupakan neoplasma tulang primer yang sangat ganas.
Osteosarkoma merupakan tumor tulang maligna primer yang paling lazim dan seringkali berakibat fatal dan dapat timbul sebagai metastase sekunder dari ekstrimitas tungkai pada 50% kasus. Biasanya terdapat pada lokasi bekas radiasi atau lebih sering sebagai penyerta pada penyakit paget.
Osteosarkoma sering terjadi pada laki-laki pada kelompok usia 10-25 tahun dan pada orang tua yang mengalami penyakit paget.

2. PATOFISIOLOGI
Adanya tumor di tulang menyebabkan reaksi tulang normal dengan respons osteolitik (destruksi tulang) atau respons osteoblastik (pembentukan tulang). Beberapa tumor tulang sering terjadi dan lainnya jarang terjadi, bebrapa tidak menimbulkan masalah, sementara lainnya ada yang sangat berbahaya dan mengancam jiwa.
Tumor ini tumbuh di bagian metafisis tulang panjang dan biasa ditemukan pada ujung bawah femur, ujung atas humerus dan ujung atas tibia.
Secara histolgik, tumor terdiri dari massa sel-sel kumparan atau bulat yang berdifferensiasi jelek dan sring dengan elemen jaringan lunak seperti jaringan fibrosa atau miksomatosa atau kartilaginosa yang berselang seling dengan ruangan darah sinusoid. Sementara tumor ini memecah melalui dinding periosteum dan menyebar ke jaringanlunak sekitarnya;garis epifisis membentuk terhadap gambarannya di dalam tulang.

3. GAMBARAN KLINIS
 Rasa sakit (nyeri)
 Pembengkakan
 Keterbatasan gerak
 Menurunnya berat badan
 Teraba massa; lunak dan menetap dengan kenaikan suhu kulit di atas massa serta distensi pembuluh darah.

Untuk Selengkapnya Silahkan Download disini Format Pdf
Read On 1 komentar

Tips Tidur Nyenyak Saat Hamil

09:48
Khaidirmuhaj.blogspot.com - Antusius, semangat dan bisa jadi kecapaian menantikan saat-saat kelahiran sang buah hati mungkin membuat Ibu jadi sulit tidur.

Namun, hal itu janganlah dibiarkan. Saat hamil, para ibu kerap kebingungan menentukan posisi tidur agar tak memengaruhi janin. Padahal sebenarnya itu tak perlu karena tubuh perempuan  diciptakan begitu unik sehingga dapat memberikan perlindungan terhadap janin dalam kandungan. Untuk itu, Anda pun dapat menciptakan suasana lain agar tidur lebih nyaman bagi tubuh. Berikut beberapa tips yang Anda dapat aplikasikan agar tidur semasa kehamilan lebih nyenyak.(Yulia Permata Sari)

1. Ciptakan suasana nyaman
Sebelum tidur, ciptakanlah suasana yang nyaman. Tempat tidur yang empuk tentu akan membuat tubuh lebih relaks. Selain, itu jaga suhu kamar agar tetap sejuk karena suhu tubuh saat hamil cenderung lebih tinggi. Untuk itu, sediakanlah kipas angin atau pendingin udara yang membantu menyejukkan suhu kamar.

2. Tentukan posisi tidur
Menemukan posisi tidur yang nyaman merupakan masalah terbesar saat hamil. Anda tentu tak mungkin tidur dalam posisi tengkurap dan memasuki bulan keempat juga tak dimungkinkan untuk tidur terlentang. Tidur terlentang dapat mempersempit pembuluh darah utama dan menekan usus sehingga menyebabkan sembelit atau wasir. Untuk itu, Anda pun harus tidur menyamping. Gunakanlah bantal di antara kaki atau di bawah perut supaya tidur menyamping lebih nyaman. Merentangkan kaki juga dapat membuat tidur lebih nyaman.

3. Batasi konsumsi cairan sebelum tidur
Hal yang cukup mengganggu saat tidur pada masa hamil yakni harus kerap terbangun pada malam hari untuk buang air kecil. Itu tentu tak dapat dihindari, tapi bila Anda membatasi konsumsi cairan beberapa jam sebelum tidur, tentu akan megurangi intensitas ke kamar kecil. Tetapi, jangan sampai Anda mengalami dehidrasi. Untuk itu, pastikan untuk mengonsumsi banyak cairan keesokan harinya.

4. Atur cahaya kamar
Cahaya temaram membuat Anda tak harus menyalakan lampu saat terbangun untuk ke kamar kecil pada tengah malam. Cahaya temaram, juga menjaga kantuk sehingga Anda tak kesulitan tidur saat kembali ke tempat tidur.

5. Relaksasikan pikiran
Bila Anda sulit tidur karena selalu memikirkan kondisi bayi dan segala perubahan yang segera terjadi pada hidup Anda, cobalah berlatih beberapa teknik relaksasi tubuh

Sebelum tidur. Makanan ringan, mandi air hangat, atau sedikit gerakan yoga dapat membantu relaksasikan pikiran sehingga dapat tidur lebih tidur.

6. Jangan paksakan tidur
Jika merasa sulit tidur, bangun dan lakukan sesuatu selain membolak-balikkan badan di tempat tidur. Biarkan tubuh merasa letih dengan sendirinya hingga mengantuk. Semoga beberapa tips di atas berhasil membantu Anda tidur saat hamil!

Source: MediaIndonesia
Read On 2 komentar

ASUHAN KEPERAWATAN OBSTRUKSI SALURAN KEMIH

07:05
A. PENGERTIAN.
Obstruksi saluran kemih adalah suatu keadaan dimana terhambatnya aliran urine baik secara permanen atau tidak akibat adanya hambatan yang berupa batu (massa), tumor, striktura, maupun oleh karena pengaruh infeksi.

B. PENYEBAB.
1. Faktor Intrinsik.
a. Batu.
Pembentukan batu mulai dari kristal yang terperangkap di suatu tempat sepanjang saluran perkemihan. Faktor yang mempengaruhi pembentukan batu termasuk pH urine, konsentrasi zat terlarut urine, statis urine, beberapa infeksi, diet tinggi kalsium dan dimineralisasi tulang serta hyperparathyroid. Batu dapat bervariasi dalam bentuk dan ukuran, ada yang bentuknya bulat, lonjong dan tidak beraturan. Dalam hal ukuran dari beberapa milimeter sampai beberapa centimeter.
b. Striktura.
Kelainan ini dapat berupa kelainan bawaan, yaitu penyempitan yang berlebihan daripada penyempitan fisiologik atau dapat juga di dapat akibat dari trauma operasi.

2. Faktor Ekstrinsik.
a. Kehamilan.
Pada wanita hamil sering terjadi obstruksi ureter. Penyebabnya belum jelas, mungkin karena hormonal, mungkin pula akibat tekanan oleh uterus yang membesar.

b. Tumor.
Tumor-tumor yang terdapat di sekitar ureter dapat mendesak ureter, misal : tumor rektum, prostat, kandung kemih dan alat-alat dirongga panggul.

Untuk Selengkapnya Silahkan Download disini Format Pdf
Read On 1 komentar

Tips Hentikan Pipis Berlebih

20:30
Khaidirmuhaj.blogspot.com - Jika Anda penderita pipis berlebih, sebenarnya ada banyak pilihan serta cara untuk mengatasinya dengan mengubah beberapa hal dalam kebiasaan Anda sehari-hari.

Berikut beberapa tips yang dapat diaplikasikan untuk mengatasi hasrat ingin buang kecil berlebih:

1. Perhatikan jumlah cairan yang dikonsumsi
Anda tentunya tak mau mengalami dehidrasi, tapi terlalu banyak minum juga kurang baik. Minumlah sesuai dengan kapasitas tubuh. Air yang Anda minum sebaiknya sesuai dengan rasa haus Anda. Maka itu, minumlah apabila Anda memang merasa haus.

2. Catat jenis minuman yang dikonsumsi
Setidaknya selama dua hari, tulislah semua jenis minuman yang Anda konsumsi, seperti kopi, teh, soda, susu, atau air mineral, beserta kuantitasnya. Catat pula waktu Anda meminumnya dengan jarak waktu Anda pergi ke kamar kecil. Anda akan melihat adanya suatu pola. Contohnya, Anda akan menyadari bahwa meminum kopi untuk sarapan menyebabkan Anda harus lebih sering buang air kecil. Dengan catatan tersebut, Anda dan dokter dapat mengenali berbagai faktor yang berhubungan dengan penyebab pipis berlebih sehingga dapat mengupayakan perubahan kebiasaan untuk mencegah hal yang lebih buruk.

3. Hindari kafein dan alkohol
Kafein dan alkohol merupakan zat diuretik atau obat pendorong produksi air seni. Menghindari kafein dan alkohol dalam daftar menu Anda adalah salah satu cara terefektif mengatasi pipis berlebih.

4. Konsumsi makanan berserat
Ketika perut Anda sudah terasa penuh, kandung kemih Anda juga akan penuh dan dapat menyebabkan masalah pada sistem buang air kecil. Konsumsilah makanan berserat untuk melancarkan sistem pencernaan dan mencegah konstipasi.

5. Jagalah berat badan
Kelebihan berat badan dapat membuat kandung kemih tertekan dan menyebabkan serimg pipis.

6. Pakailah pembalut
Produk ini dapat membantu Anda terhindar dari kejadian yang memalukan, tapi pakailah pembalut yang benar-benar nyaman. Pilih yang dapat menyerap banyak cairan, tak membuat iritasi pada kulit, dan nyaman dipakai. Lebih baik mencegah sebelum kejadian memalukan terjadi bukan?

7. Bawa celana dalam tambahan
Bawalah pakaian dalam tambahan ke mana pun Anda pergi untuk berjaga-jaga agar celana dalam Anda tetap kering dan bersih.

8. Ketahui toilet terdekat
Dengan mengetahui lokasi toilet terdekat, Anda nantinya tak perlu tergesa-gesa mencari toilet saat hendak pipis. Bila Anda tengah berada di restoran ataupun biokop, pastikan Anda tahu jalan menuju terdekat.

9. Lakukan senam kegel
Senam kegel telah dikenal dapat mengencangkan otot-otot panggul sehingga membantu penderita inkontinensia mulai dari tahap rimgam hingga berat. Kuncinya adalah berlatih dengan teratur dan konsisten. Apabila Anda merasa ingin buang air kecil, tetap tenang dan lakukan kontraksi otot panggul. Jika Anda langsung berdiri dan berlari, justru Anda akan mengompol. Latihan otot panggul dapat membantu mengatasi pipis berlebih bahkan melebihi obat yang diresepkan doketr. Maka itu, jadikanlah senam kegel sebagai bagian dari rutinitas Anda.

10. Cari dukungan
Sebenarnya, pipis berlebih merupakan hal umum yang terjadi pada banyak orang maka Anda tak perlu malu. Bicarakanlah dengan dokter Anda tanpa sungkan, dokter pun pasti sudah sering mendengar kasus itu dan akan membrikan pengobatan terbaik bagi kesehatan Anda

Source: MediaIndonesia
Read On 2 komentar

Tips Cegah Kaki Beraroma Tidak Sedap

13:15
Khaidirmuhaj.blogspot.com - Aroma tak sedap pada kaki, meski tak tergolong penyakit akut,  tentunya akan membuat Anda kerap merasa malu dan tak percaya diri,  terlebih saat bertandang ke suatu tempat yang mengharuskan Anda melepas alas kaki.

Apa sih sebenarnya yang menyebabkan timbulnya bau kaki? Aroma tak sedap pada kaki diketahui berasal dari bakteri yang mengendap pada kaki karena keringat dan kurangnya udara sehingga pori-pori kaki Anda pun tak  bisa bernapas. Namun, tenang ada beberapa cara untuk menghindari bau  kaki yang tidak sedap itu di antaranya:

1. Beli sepatu yang berkualitas bagus. Sebaiknya, hindari memilih  bagian dalam sepatu yang berasal dari bahan sintesis. Selain itu, pilih  sepatu sesuai dengan ukuran kaki, jangan terlalu sempit agar kaki bisa  bernapas.

2 Setiap kali mandi, sempatkan membersihkan kaku dengan sikat kecil untuk mengangkat sel kulit mati penyebab bau kaki.

3. Rutinlah mengganti kaus kaki setiap hari. Pakai kaus kaki berbahan  katun yang mampu menyerap keringat berlebih pada kaki. Oh ya, jangan  taruh kaus kaki yang telah dipakai di dalam sepatu karena bisa membuat bagian dalam sepatu menjadi bau.

4. Jangan gunakan sepatu yang sedang basah dalam kurun waktu yang lama.

5. Kurangi bakteri peneyebab bau tak sedap pada sepatu dengan sering  mencuci bagian dalamnya. Anda bisa juga memasukkan kertas koran yang  telah diberi parfum untuk menetralisasi bau tak sedap.

6. Bisa juga tambahkan bantalan khusus untuk menyerap keringat yang sudah banyak dijual di toko-toko kesehatan.

7. Pakai bedak atau deodoran kaki yang sudah dijual di pasaran dengan  berbagai bentuk.  Bedak kaki dapat menyerap bau kaki yang disebabkan  keringat yang tak terserap. Untuk deodoran, pilihlah yang mengandung  mint agar Anda tidak cepat panas dan berkeringat. Bahan aktif daun mint  membuat kaki dingin sehingga meminimalkan timbulnya keringat berlebih.

Source: MediaIndonesia
Read On 2 komentar

Tips Gigi Putih Cemerlang

23:01
Khaidirmuhaj.blogspot.com - Apakah akhir-akhir ini saat berkaca, Anda baru menyadari bahwa gigi Anda telah kehilangan sinar putih cemerlangnya karena terhalang oleh berbagai noda dan plak? Berikut empat tips cara mendapatkan gigi putih dan bersih sehingga senyuman Anda akan terlihat cemerlang kembali.

1. Gunakan pasta gigi berpemutih

Selain dengan membersihkan gigi secara rutin enam bulan sekali ke klinik gigi, menggosok gigi dengan pasta gigi yang mengandung zat pemutih dua kali sekali merupakan langkah pertama untuk mendapatkan gigi putih bersinar.

Meski tak mengandung cukup peroksida yang dapat memutihkan, pasta gigi berpemutih dapat mengikis plak. Direkomendasikan pula untuk menggosok gigi dengan sikat gigi elektronik guna menghilangkan noda-noda membandel pada gigi.

Pastikan tidak menggunakan obat kumur yang mengandung alkhohol karena dapat mengeringkan mulut yang menyebabkan bau napas tak sedap dan berkurangnya bakteri pada saliva.

2. Atur menu makan dan minum

Kegemaran mengunyah permen karet bebas gula yang mengandung zat xylitol yang dapat mengurangi plak juga bermanfaat untuk menghasilkan saliva atau air liur. Saliva akan membersihkan gigi dari berbagai sisa makanan di mulut.

Memakan buah dan sayur yang renyah juga dapat membuat lapisan gigi terkelupas secara alami, terutama stroberi, karena selain menyikat gigi, serat pada buah itu juga mengandung asam malat yang mengahancurkan noda. Adapun buah yang kurang baik bagi gigi, di antaranya lemon, jeruk nipis, dan anggur karena mengandung banyak zat asam sitrat yang dapat mengukis enamel.

3. Coba perawatan pemutih gigi di rumah

Seperti halnya kulit, gigi juga memiliki pori-pori. Karena itu, saat menembus lapisan permukaan gigi, noda dapat menyumbat pori-pori sehingga menutupi gigi putih Anda. Jika Anda mengingingkan warna putih itu lagi yang tak dapat dikembalikan dari membersihkan gigi secara rutin, cobalah gunakan pemutih gigi yang dapat dipakai di rumah. Dengan kandungan peroksida berkisar 7-9 persen, perawatan memutihkan gigi di rumah akan lebih berhasil ketimbang menggunakan pasta gigi dan obat kumur.

4. Dapatkan perawatan gigi ala bintang

Jika sudah melakukan berbagai usaha, tapi tetap saja Anda merasa warna putih gigi belum maksimal seperti yang diharapkan, cobalah perawatan gigi yang lebih profesional.

Seperti dengan metode pencahayaan sinar ultraviolet. Ultraviolet digunakan untuk mengaktifkan komponen dalam larutan pemutih yang membantu mempercepat proses pemutihan gigi.

Prosedur perawatan ini memakan waktu 45 menit melakui tiga sesi dengan gel pemutih yang diganti setiap 15 menit sekali. Dengan perawatan profesional seperti itu, gigi Anda akan lebih putih 10 kali lipat.(Prita Daneswari)
Read On 1 komentar
blog-indonesia.com
Health Blogs
SANG JUARA PERINGKAT WEBLOGS INDONESIA
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net
blogarama - the blog directory
[Make Your Own] by Khaidir Muhaj | [Close]

Selamat Datang !!

selamat berkunjung di blog saya yang sederhana ini, semoga yang teman cari ada disini, silahkan copy paste artikel dalam blog ini, dgn menyertakan atau tdk menyertakan sumbernya, dan jangan lupa sebagai tanda persahabatan & terimakasih isilah buku tamu.

My Family

My Family
Alumni SPK Kesdam VI/TPR Banjarmasin. Alumnus Politeknik kesehatan Banjarmasin program khusus PKM Rantau. Seorang PNS PemKab. Tapin, Unit Kerja Puskesmas Lokpaikat - Rantau - Kalsel .

Yang Sedang Berkunjung

Anda Pengunjung Yang Ke

TERIMA KASIH

Telah berkunjung, mohon maaf jika terdapat kekurangan dan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan dan tidak dapat memenuhi permintaan & pertanyaan teman teman, karena saya juga dalam proses pembelajaran dan terus akan belajar. dan seandainya artikel ini bermanfaat itu semata-mata hanya karena Allah SWT guna tercapainya keperawatan yang profesional. serta jangan lupa isi buku tamu, semoga sukses!

Pengikut